Breaking News

Begawi Agung Marga Balaw Dimulai, Jalan Putri Balaw Kedamaian Ditutup Sementara

 



Begawi Agung Marga Balaw mulai tanggal 17 - 19 Oktober 2024, akses jalan Putri Balaw Kedamaian menuju Tiyuh Kedamaian Bandar Lampung ditutup sementara.

Berdasarkan pantauan infokyai di lokasi bahwa pada hari Rabu, 16 Oktober 2024, akses jalan sudah mulai ditutup dikarenakan sudah proses pemasangan tarup di lokasi.

Kasat Lantas Polresta Bandar Lampung Kompol Dr Ridho Rafika membenarkan bahwa akses jalan Putri Balaw ditutup sementara. "Penutupan mulai tanggal 17, 18 dan 19," kata dia, saat dikonfirmasi infokyai.

Sementara itu, Ketua panitia begawi agung marga balaw, Brigjen TNI (p) Amalsyah Tarmizi memohon maaf jika nanti ada penutupan jalan karena ada begawi adat. Ini digelar sebagai pelestarian adat budaya Lampung.

"Kami Mohon maaf kepada masyarakat jika ada penutupan sementara jalan. Karena ada acara Begawi Agung Marga Balaw,” kata Mantan Danrem Gatam 034 Garuda Hitam itu, Rabu (16/10/2024) di dalam keterangannya.

Sebagaimana informasi bahwa begawi agung marga balaw ini dilaksanakan sebagai rangkaian pesta adat Lampung pepadun atas pernikahan putra sulung Komjen Pol Tomsi Tohir Balaw yang bergelar Sutan Ratu Marga.

Begawi agung marga balaw ini bakal ada perpaduan adat pepadun (balaw) dan sai batin (marga legun way urang). Lantaran secara adat mempelai wanita di angkon (angkat) anak oleh Irjen Pol Rudi Setiawan bergelar Pengiran Sangun Ratu Ya Bandar (II) dari marga legun way urang Lampung Selatan. (Red)

0 Komentar

© Copyright 2022 - Info lampung, loker lampung, lowongan lampung, kuliner lampung